Series

12 Fakta Menarik Serial Sweet Home

Hai Sobat Movie, kali ini Catatan Movie akan membahas 12 fakta menarik serial Sweet Home. Bagi kamu yang belum tahu tentang Sweet Home, ini adalah serial Netflix yang populer dan direkomendasikan bagi kamu yang suka menonton serial seru dengan jalan cerita yang tidak terduga. Serial ini resmi ditayangkan perdana di Netflix pada tanggal 18 Desember 2020 dan banyak mendapat respon positif dari para penikmat film karena menyajikan sebuah kisah petualangan seru yang memacu adrenalin dengan alur cerita yang menegangkan.

Sweet Home merupakan serial televisi Korea Selatan yang dibintangi oleh deretan aktor populer Korea Selatan seperti Song Kang, Lee Jin-wook, Lee Si-young, dan Lee Do-hyun. Drama ini diangkat berdasarkan webtoon Naver dengan judul sama karya Kim Kan-bi dan Hwang Young-chan. Webtoon Sweet Home pertama kali dirilis pada tahun 2017 dan sukses di pasaran hingga webtoon ini dibaca mencapai 500 juta views.

Penasaran dengan serial Sweet Home? Tunggu dulu guys! Sebelum kalian menonton serial menarik ini, Catatan Movie sudah merangkum 12 fakta menarik serial Sweet Home! Yuk kita simak fakta selengkapnya!

1. Sweet Home, Sensasi Serial Horor Baru Netflix

Sweet Home adalah kontribusi terbaru Netflix dalam genre horor untuk serial drama dengan alur cerita yang menarik, dibintangi sejumlah aktor korea selatan yang terkenal, dipenuhi adegan berdarah, dan momen yang memacu adrenalin. Serial drama berjumlah 10 episode ini adalah sebuah drama yang sangat bagus yang menceritakan tentang cinta, keluarga yang harmonis, dengan Cha Hyun Soo sebagai karakter utama. Drama yang diangkat dari webtoon Naver populer ini sangat direkomendasikan untuk Sobat Movie yang menyukai serial bergenre dramathrillerhorror.

12-Fakta-Menarik-Serial-Sweet-Home-Netflix
Sumber Twitter

2. Sinopsis

Serial ini mengisahkan sosok Cha Hyun Soo (Song Kang) berusia 18 tahun, seorang murid SMA yang kehilangan harapan hidup semenjak ditinggal oleh orang tua dan adiknya yang tewas karena menjadi korban sebuah kecelakaan tragis. Lalu dia memutuskan untuk pindah ke kompleks apartemen tua bernama Green Home. Hyun Soo yang mengalami depresi sangat membenci hidupnya dan dia bersumpah untuk mengakhiri hidupnya sendiri di akhir bulan. Kemudian pada suatu hari dia tidur, namun ketika terbangun dia mendapati dirinya berada di sebuah dunia baru dimana orang-orang berubah menjadi monster. Mereka berubah bentuk berawal dari hasrat tersembunyi mereka.

Hyun Soo yang berencana bunuh diri justru harus berubah pikiran untuk berusaha bertahan hidup bersama penghuni kompleks apartemen lainnya. Hal itu di luar dugaan sebab hidup Hyun Soo kini berubah karena ia harus menyelamatkan dirinya dan seluruh warga Green Home dari serangan kumpulan monster yang sangat mengerikan.

3. Disutradarai Sutradara Handal, Lee Eung Bok

Nama Lee Eung Bok mungkin tidak terlalu familiar bagi Sobat Movie, tetapi tunggu sampai kamu mengetahui tentang portofolionya. Kamu akan berdecak kagum! Lee Eung Bok adalah sutradara handal yang mengerjakan serial drama TV hit yang sensasional, seperti Descendant of the Sun, Dream High, Guardian: The Lonely and Great God , dan Mr Sunshine.

Untuk serial Sweet Home, Lee mencoba menampilkan “monsterisasi” dengan bantuan pencahayaan dari luar gedung, serta penghancuran dan transformasi gedung tersebut. Dalam video behind-the-scenes Netflix, Lee mengatakan bahwa dia tertarik dengan semua peristiwa yang terjadi di suatu gedung, dan dia menyukai tantangan untuk menampilkannya ke layar. Satu hal yang juga menarik menurut Lee, dan sesuatu yang dia coba masukkan, adalah pertanyaan: Apa itu monster?

“ADA SEBUAH UNGKAPAN DIMANA SEORANG TOKOH BERKATA, BEBERAPA MONSTER TIDAK MENYAKITI MANUSIA. AKU TIDAK BERPIKIR SEMUA HASRAT BURUK, DAN SESUATU YANG TERLIHAT SEPERTI MONSTER TIDAK SELALU BURUK.”

Sweet Home menjadi serial yang menantang bagi Lee sebab dia harus keluar dari zona nyamannya dengan mencoba menyutradarai genre yang berbeda dari drama-drama sebelumnya.

12-Fakta-Menarik-Serial-Sweet-Home-Sutradara-Lee-Eung-Bok
Sumber: pinterest.com

4. Makhluk Standar Hollywood

Bagaimana bisa Hollywood-esque?

Coba bayangkan film Bird Box, bahkan Sweet Home lebih mengerikan dan menakutkan daripada itu!

Hal ini tidaklah mengherankan sebab studio yang menggarap visual makhluk dalam serial tersebut tidak lain adalah Legacy Effects dan Spectral Motion. Kedua studio ini merupakan studio special effects terbaik di Hollywood yang telah mengerjakan berbagai film dan serial terkenal, seperti Captain Marvel, Godzilla, Terminator: Dark Fate, dan masih banyak lagi. Untuk Sweet Home, mereka menciptakan monster berdasarkan kisah mereka ketika mereka berada dalam wujud manusia.

Saat Lee Do Hyun mengunjungi lokasi syuting untuk pertama kalinya, dia merasa sangat kagum. Menurut Lee, semua monster meninggalkan kesan yang berarti baginya karena dia belum pernah melihat wujud seperti itu sebelumnya. Lotus Root Monster adalah monster pertama yang dia lihat dan paling berkesan baginya. Dia merasa kagum terhadap aktor yang memerankan monster tersebut karena dapat berakting dengan sempurna walau tidak dapat melihat keadaan sekitarnya. Selain itu, Lee juga kagum dengan sosok Bloodsucking Monster karena terlihat sangat nyata seperti monster sungguhan.

12-Fakta-Menarik-Serial-Sweet-Home-Monster-Character
Sumber: pinterest.com

Baca juga:

Jadwal Rilis Anime Winter 2021

5. Film Beranggaran Tinggi

Mengutip dari Korea Times, biaya produksi yang dihabiskan per episode berkisar 3 miliar won atau 3,6 juta USD. Wow!!! Lee Eung Bok mengatakan bahwa sebagian besar anggaran dihabiskan untuk special effects karena biaya yang dibutuhkan sangat mahal untuk mewujudkan monster yang diinginkan menjadi kenyataan, terutama sosok monster yang merepresentasikan keinginan dan nafsu manusia. Lee Jin Wook juga berkomentar bahwa studio raksasa untuk produksi serial Sweet Home adalah studio dengan ukuran yang langka untuk serial TV dan memiliki ruang yang dipenuhi dengan efek CGI.

Sweet Home juga memilih Westworld, sebuah studio special effects ternama di Korea Selatan untuk mewujudkan semua karakter monsternya yang di luar imajinasi. Teknologi yang digunakan untuk animasi dan efek dari Sweet Home diadopsi dari teknologi film blockbuster terkenal seperti Game of Thrones dan Aquaman. Dengan totalitas tinggi dari seluruh pihak yang terlibat dan teknologi canggih yang digunakan, biaya produksi Sweet Home menjadi salah satu yang termahal di antara serial Netflix Korea, melebihi biaya produksi Arthdal Chronicles dan Kingdom.

Sweet-Home-Studio
Sumber: hancinema.net

6. Banyak Upaya Dikerahkan Dalam Pembuatan Karakter Monster

Bukan hanya sekedar special effects dan membuat monster. Banyak upaya yang dilakukan untuk menghidupkan karakter tersebut selain didukung special effects. Sang sutradara, Lee Eung Bok melibatkan koreografer dan penari Korea Kim Seol-jin untuk bekerja sama dengan para pemeran monster dalam serial ini demi mendapatkan gerakan yang benar dan realistis. Kim bertanggung jawab menciptakan setiap gerakan untuk setiap monster yang ada di serial ini.

Bahkan Kim ikut terjun langsung memerankan karakter lotus root monster yang dikenal dengan kemampuan pendengarannya yang sangat sensitif. Untuk monster seperti laba-laba, manusia karet Amerika Troy James terpilih memerankan karakter tersebut. Dia sebelumnya pernah menggunakan tubuh lenturnya untuk berakting di film seperti Hellboy, serta acara TV Amerika seperti The Strain dan The Flash.

Monster-Sweet-Home
Sumber: hancinema.net

7. Aktor Lee Si Young Berlatih Martial Arts Selama 6 Bulan Demi Perannya

Lee Si Young adalah gadis idaman dalam serial ini, dan nyatanya memang demikian. Lee dikenal sebagai aktris yang sangat aktif serta berpengalaman dalam tinju dan gerakan-gerakan yang melumpuhkan. Tapi untuk serial ini dia memutuskan untuk melangkah lebih jauh terkait karakter yang diperankannya. Dalam Sweet Home Lee berperan sebagai seorang anggota pemadam kebakaran sekaligus anggota tim pelatihan khusus yang kuat dan tangguh.

Dia mengikuti action school dan mulai mempersiapkan adegan aksi yang akan diperankannya enam bulan sebelum syuting dimulai. Meskipun tidak ada yang memberi tahu Lee berapa banyak lemak tubuh yang harus dihilangkannya, pelatih pribadinya mengatakan bahwa dia harus memiliki sekitar 8-9% lemak tubuh agar ototnya terlihat, sehingga dia mulai menyesuaikan dietnya demi karakter yang diperankannya. Suatu bentuk totalitas yang patut kita apresiasi dari seorang aktor profesional seperti Lee Si Young.

Pasti Sobat Movie tidak menyangka Lee berusia 39 tahun dan seorang ibu dari satu anak, bukan? Penampilan fisiknya terlihat masih seperti usia 20-an dan sangat enerjik.

12-Fakta-Menarik-Serial-Sweet-Home-Aktor-Lee-Si-Young
Sumber: pinterest.com

8. Totalitas Aktor Song Kang Berlatih Action Demi Perannya

Fakta lainnya dari 12 fakta menarik serial Sweet Home adalah totalitas Song Kang dalam memainkan perannya. Tuntutan peran untuk beradegan laga membuat aktor berusia 27 tahun tersebut memutuskan berlatih gerakan action di sekolah akting. Song Kang sudah mulai mempersiapkan dirinya untuk adegan action selama dua bulan sebelum syuting Sweet Home dimulai. Wah, totalitas yang patut kita apresiasi! Song Kang juga meluangkan waktu selama 10-20 menit sebelum syuting agar bisa lebih mendalami karakter Cha Hyun Soo. Cha Hyun Soo diceritakan memiliki karakter pendiam dan misterius.

12-Fakta-Menarik-Serial-Sweet-Home-Aktor-Song-Kang
Sumber: pinterest.com

9. Lee Do Hyun Terkena Pukulan Sutradara Ketika Syuting Sweet Home

Fakta lainnya adalah Lee Do Hyun ternyata sempat tidak sengaja terkena pukulan sutradara Lee Eung Bok saat proses syuting. Dalam video yang pernah dirilis di akun Instagram @theswoonnetflix, aktor tampan tersebut mengaku dia tidak sengaja terkena pukulan sutradara yang saat itu sedang membawa lidah monster. Tanpa disadari pukulan lidah monster tersebut mengenai bagian bibir atas Lee Do Hyun dan membuat bibirnya bengkak. Kasihan ya! Untung bibirnya tetap seksi dan masih berfungsi dengan baik ya Sobat Movie. Hehehe

Lee Do Hyun sangat cocok memerankan karakter Lee Eun Hyuk yang cerdas, tenang dan berhati dingin. Sang sutradara Lee Eung Bok mengungkapkan bahwa Lee Do Hyun dan Lee Eun Hyuk memiliki kesamaan karakter. Ketika proses audisi berlangsung, Lee Do Hyun adalah kandidat terbaik untuk karakter tersebut. Lee Do Hyun mampu menampilkan emosi, konflik, serta sisi licik dari karakter Lee Eun Hyuk secara atraktif dan ekspresif.

12-Fakta-Menarik-Serial-Sweet-Home-Aktor-Lee-Do-Hyun
Sumber: pinterest.com

10. Easter Eggs

Seperti yang mungkin Sobat Movie ketahui dari artikel ini, segala detail sangat diperhatikan bahkan pada hal terkecil sekalipun, termasuk kompleks apartemen tempat dimana kisah itu terjadi. Menurut sang sutradara Lee Eung Bok, mereka telah meninjau banyak bangunan sebelum menghasilkan set lokasi yang bisa diterapkan berdasarkan bangunan yang dibangun pada tahun 1930-an.

Mereka juga menyembunyikan beberapa fitur di dalam gedung yang mereka harapkan akan memberikan kejutan bagi penonton yang menemukannya. Lee membuat naskah selama hampir delapan bulan, bahkan menyalip episode webtoon pada satu titik. Jadi, perhatikan baik-baik saat menonton serial ini karena Sobat Movie mungkin baru saja menemukan salah satu dari sekian banyak easter eggs tersembunyi seperti yang telah dijanjikan.

11. Kesuksesan Sweet Home Menjadi Mega Hit

Biaya produksi yang dikeluarkan dalam pembuatan serial TV sangatlah besar, lantas apakah semua usaha dan pengorbanan yang dilakukan sudah terbayar dengan kesuksesan serial tersebut? Ternyata sudah! Dirilis pada 18 Des 2020, serial ini menjadi acara TV ketiga yang paling banyak ditonton dan menduduki peringkat teratas di 10 negara, termasuk Singapura, Taiwan, dan Korea Selatan tentunya Sweet Home juga merupakan serial TV Korea Selatan pertama yang masuk dalam daftar 10 teratas di Netflix Amerika Serikat dan berada di daftar 10 teratas untuk empat puluh dua wilayah berbeda.

Berikut ini Catatan Movie tampilkan trailer Sweet Home untuk kamu yang penasaran dengan serial ini:

Sumber: YouTube

12. Tidak Ada Rencana Untuk Musim Kedua

Sementara episode 10 Sweet Home berisi petunjuk yang belum terpecahkan, sutradara Lee mengatakan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk melanjutkan musim kedua dalam waktu dekat. Lee berkata bahwa dia harus mempelajari ulasan dari musim ini terlebih dahulu untuk mengetahui semua kelebihan dan kekurangan dari pencapaian yang diperoleh serial ini. Setelah musim pertama, Lee mungkin akan melanjutkan syuting musim kedua tetapi belum ada konfirmasi resmi mengenai hal ini. Kita hanya berharap semoga serial ini tidak akan berubah menjadi Vagabond kedua, serial Netflix lain yang masih belum memiliki kepastian tentang musim keduanya dan berakhir dengan tanda tanya besar dari para penikmat film.

Itulah 12 fakta menarik serial Sweet Home. Tentunya serial ini menarik untuk ditonton dan selalu membuat kita penasaran bukan? Apalagi setelah mengetahui 12 fakta menarik serial Sweet Home akan membuat Sobat Movie semakin excited dengan kelanjutan serial ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.