robert pattinson sebagai bruce wayne di film the batman
Actors, Review

Robert Pattinson Sukses Mengeluarkan Sisi Lain Bruce Wayne di The Batman

Udah nonton film The Batman yang diperankan oleh Robert Pattinson? Gimana nih pendapat Sobat Catatan Movie? Dikutip dari laman The Number, film garapan Matt Reeves ini berhasil meraup pendapatan sekitar 1,9 triliun rupiah dalam minggu pertama pemutarannya.

Kali ini, catatanmovie pengen bahas tentang sang pemeran utama, Robert Pattinson. Masih ingat pernyataan Ben Affleck di tahun 2019 kalau dia memilih mundur dalam proyek film solo Batman? Belum kelar kagetnya, tiba-tiba Warner Bros ngumumin kalau Robert Pattinson yang akan menggantikan pemeran sebelumnya.

Sempat Diragukan Memerankan Sosok Bruce Wayne

robert pattinson sebagai batman di film the batman
© warnerbros

Wah, netizen ketar-ketir dong pas tahu The Batman bakal diperankan Robert Pattinson. Masa iya, vampir berevolusi jadi superhero kelelawar?? Eeeeh … bercanda, kok!

Jadi ceritanya, waktu info dari Warner Bros ini muncul, netizen beranggapan kalau penampilan Pattinson tuh gak cocok untuk menggambarkan sosok Bruce Wayne. Bahkan ada cuitan tweet yang isinya gini, “Kayaknya Warner Brothers emang pengen film ini gagal, deh! Lagian kalau penampilannya luar biasa, gak ada juga yang nganggep dia serius sebagai Batman!”

Wadaaaw, menusuk relung hati gak, tuh? Tapi kondisinya emang gitu. Gak cuma masyarakat awam, tidak sedikit kritikus film yang turut meyakini hal serupa. Untungnya Pattinson berhati kuat dan lebih memilih fokus dalam project tersebut. Ia juga sempat mengalami perubahan berat badan serta terkena Covid waktu film The Batman ini sedang digarap.

Bruce Wayne yang Lama Dinantikan Penonton Setelah The Dark Knight Rises

robert pattinson sebagai bruce wayne di film the batman
© warnerbros

Pas filmnya keluar … duuaar!!! Dunia per-medsos-an langsung ramai dong bahas akting Pattinson yang dirasa keren banget. Beberapa kritikus film yang pernah meremehkannya akhirnya meminta maaf dan di antaranya mengatakan bahwa akting Pattinson setara dengan Christian Bale dan Michael Keaton.

Dilansir dari website LA Times, Reeves menjelaskan kalau pada dasarnya Batman hanyalah karakter tanpa superpower yang terjebak secara emosional karena mengalami tragedi menyakitkan sejak usia 10 tahun. Meskipun mengantongi ‘nama besar’ keluarga, nyatanya ia memilih untuk melakukan hal yang sangat berani bahkan terbilang sembrono.

Jika Christopher Nolan mengarahkan karakter Bruce yang berusaha menyeimbangkan dirinya sebagai Batman dan Bruce Wayne di sekuel The Dark Knight Rises, Reeves justru menghadirkan Batman yang diperankan Pattinson sebagai sosok yang tidak peduli dengan citra publik.

Pada film The Batman sendiri tokoh ‘Bruce’ hanya ditampilkan sebanyak 4 kali. Pada adegan pertama Bruce hadir untuk memberikan penghormatan di pemakaman Walikota Don Mitchell Jr. Adegan berikutnya yaitu saat dia berada di rumah sakit untuk menemani Alfred Pennyworth yang terluka setelah ledakan.

Bagian selanjutnya, Bruce pergi ke Iceberg Club untuk menanyakan perihal orang tuanya kepada Carmine Falcone. Disusul dengan adegan terakhir di mana dirinya memberitahu semua informasi dari Falcone yang kemudian diluruskan oleh Alfred. Semua adegan tersebut—kecuali bagian pemakaman—terkait dengan masa lalu Bruce sebelum berubah menjadi Batman.

Baik karakter ‘Bruce Wayne’ maupun ‘Batman’ rupanya bisa ditampilkan Pattinson dengan baik. Terlebih lagi dirinya berhasil menunjukkan emo vibes dan kecerdasan Batman yang berbeda dengan aktor Ben Affleck, di mana Affleck lebih memperlihatkan Batman dengan kesan glamor dan mengandalkan teknologi canggih miliknya.

Rating Film The Batman yang Memukau!

Bukan cuma akting Pattinson aja yang dipuji loh, Sobat Catatan Movie! Berbagai aktor dan aktris yang berpartisipasi seperti Zoe Kravitz dan Colin Farrell juga menuai apresiasi penikmat film The Batman. Kerja keras seluruh kru dan pemeran membuat The Batman menempati posisi pertama dalam Box Office charts selama dua minggu penayangan. Mantap gak, tuh!

Oh, ya. Warner Bros sendiri mengatakan bahwa Batman versi Robert Pattinson bukanlah bagian dari DCEU, melainkan film solo yang berdiri sendiri. Mirip dengan film “Joker” yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix di tahun 2019 silam.

Rating The Batman di beberapa situs perfilman

Penasaran sama rating The Batman di berbagai situs perfilman? Tenang, catatanmovie udah buat list terkait rating film ini dari situs Rotten Tomatoes, IMDb, dan Metacritic spesial untuk Sobat Catatan Movie!

Berdasarkan Rotten Tomatoes, The Batman meraih skor 85% dari tomatometer dan 88% dari audiens. Artinya film ini memiliki predikat “Certified Fresh”. Yah, dianggap baguslah oleh kritikus film dan penonton.

the batman mendapatkan rating fresh dari rotten tomatoes
@wbpictures

Di situs IMDb sendiri, The Batman mendapat rata-rata rating 8.4 oleh 256.232 user. Bahkan 31.9% di antaranya memberikan skor 10. Dilihat dari demografis, lebih banyak pria yang memberikan penilaian.

Terakhir, film besutan Reeves ini memperoleh metascore serta user score sebesar 72 dan 8.2 dari situs Metacritic. Untuk distribusi critic score sendiri terdiri dari 53 review positif, 3 review negatif, dan 12 review campuran antara keduanya.

Masih ragu dengan kemampuan Robert Pattinson? Emang gak sedikit sih, yang masih menilai The Batman kurang seru akibat lamanya durasi film ini. Cuma, kalau Sobat Catatan Movie lihat ratingnya dari berbagai situs, kayaknya kehadiran Robert Pattinson ini patut diperhitungkan, ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.