Actors, What's On

6 Aktor Indonesia yang Main Film Hollywood

Film Hollywood merupakan kata yang sudah tidak asing di telinga kita. Telah banyak film Hollywood yang diproduksi dan sukses di pasaran. Kualitas filmnya banyak mendapat pengakuan dari para pengamat film expert. Industri perfilman Hollywood merupakan industri perfilman terbesar di dunia dan menjadi tolak ukur dalam dunia perfilman internasional. Bukan hal mudah bagi seorang aktor memiliki kesempatan untuk berperan dalam sebuah film Hollywood. Dibutuhkan kerja keras dan tekad yang kuat untuk bisa menembus kancah Hollywood. Tidak terkecuali para aktor tanah air.  Beberapa dari mereka berhasil menembus ranah Hollywood dan membintangi film besar yang terkenal di dunia. Tentunya ini impian para aktor Indonesia untuk dapat bermain film Hollywood. Kita patut berbangga dengan pencapaian yang telah mereka raih. Dalam artikel ini, Catatan Movie akan membahas siapa saja aktor Indonesia yang main film Hollywood. Berikut daftar 6 aktor Indonesia yang telah kami rangkum!

1. Iko Uwais

aktor indonesia
Source Twitter @iko_uwais

Pertama, Catatan Movie akan membahas aktor Indonesia yang main film Hollywood yang namanya sudah familiar di telinga kita. Ia adalah Iko Uwais. Iko merupakan salah satu aktor Indonesia yang cukup diperhitungkan di kancah perfilman internasional. Ia selalu identik dengan film aksi-laga yang yang menampilkan seni bela diri. Dengan modal jago bela dirinya ini, ia telah berhasil membintangi beberapa film Hollywood. Walaupun tidak selalu tampil sebagai peran utama, ia tetap menampilkan aktingnya dengan baik. Hal inilah yang kemudian mendorong Iko lebih sering membintangi beberapa film garapan sutradara luar negeri. Selama berkarir di dunia perfilman, Iko sudah beberapa kali masuk nominasi dan memenangkan penghargaan. Pada tahun 2014, ia berhasil memenangkan penghargaan sebagai aktor terbaik di ajang penghargaan Republika Awards, Indonesian Celebrity of World Achievement di Infotainment Awards. Dan, pada tahun 2016, ia juga berhasil memenangkan penghargaan sebagai aktor terbaik di Jawa Pos Group Awards.

Film internasional pertama Iko yaitu Man of Tai Chi yang rilis pada tahun 2013 silam. Film laga Cina-Amerika ini menjadi film Hollywood pertama yang ia bintangi. iko berperan sebagai Gilang Sanjaya, yang membuatnya semakin dikenal oleh banyak orang. Lalu, pada tahun 2015, Iko berkesempatan untuk memainkan peran dalam film Star Wars: The Force Awakens. Bersama kedua temannya yaitu Yayan Ruhian dan Cecep Rahman, Iko diceritakan sebagai penjahat yang sedang mengincar Han Solo. Walaupun Iko dan temannya hanya muncul dalam beberapa menit saja, tetapi hal ini menjadi bukti sukses mereka di dunia perfilman apalagi untuk sekelas film Star Wars yang banyak digemari masyarakat. Baru-baru ini di tahun 2021, dia juga berkesempatan bermain di film Snake Eyes. Ia berperan sebagai headmaster yang merupakan peran pendukung. Walaupun begitu, karakter ini menjadi salah satu peran inti dalam film tersebut. Film ini pun sudah dirilis pada tanggal 18 Agustus 2021.

2. Joe Taslim

joe-taslim-aktor-indonesia-main-film-hollywood
Source Twitter @KFMovieGuide

Sosok Joe Taslim mulai dikenal namanya semenjak membintangi film The Raid bersama Iko Uwais. Awal karir Joe Taslim dimulai dengan menjadi atlet profesional dan meraih kemenangan dalam Judo se-ASEAN. Ia berhasil membawa pulang medali emas di ajang South East Asia Judo Championship Singapore 1999. Selain itu, ia juga mempersembahkan medali perak di ajang SEA Games 2007. Pada 2014, Joe mendapatkan penghargaan Best Actor di Indonesian Movie Actor Awards berkat film La Tahzan (2013). Joe juga menjadi Favorite Actor di Indonesia Kids’ Choice Awards 2015 dan Actor of the Year di Style Award 2017. Joe mulai terjun dalam industri perfilman dengan genre horor arahan sutradara Allan Lunardi. Namun hal itu kurang begitu mendapat apresiasi penikmat film Indonesia. Joe pun harus merasakan serangkaian penolakan dari casting nya di tahun 2009.


Karir akting Joe akhirnya melambung berkat film ketiga yakni The Raid di tahun 2012. Joe tampil sebagai Sersan Jaka, anggota pasukan elit yang akan meringkus target operasi di apartemen sarang gembong narkotika terkenal, Tama Riyadi (Ray Sahetapy). Kesuksesan Joe di film laga membuatnya tertantang bermain di genre film yang berbeda. Kemudian, pada tahun 2014, bersama sutradara handal Gareth Evans, Joe tampil di film The Night Comes from Us. Film yang juga menggaet Yayan Ruhian itu hadir dengan gaya neo-noir tentang “pembunuh bayaran”. Menurut kabar terbaru, pada tahun 2021 ini Joe Taslim membintang karakter ikonik Sub-Zero juga Noob Saibot, dalam film Mortal Kombat yang merupakan adaptasi dari game berjudul sama. Kisahnya mengikuti seorang petarung MMA bernama Cole Young (Lewis Tan) yang diburu oleh Sub-Zero atas perintah kaisar Shang Tsung (Chin Han).

3. Yayan Ruhian

yayan-ruhian-aktor-indonesia-main-film-hollywood
Source Twitter @ThePCCLondon

Yayan Ruhian adalah salah satu aktor silat Indonesia yang telah menekuni bela diri sejak masih berusia 13 tahun. Yayan belajar ilmu bela diri di perguruan Pencak Silat Tenaga Dasar (PSTD) Indonesia. Berkat keahliannya dalam pencak silat akhirnya Yayan berkesempatan bermain di film Merantau dan The Raid dimana dalam kedua film tersebut ia disandingkan dengan Iko Uwais. Lewat kedua film ini nama Yayan Ruhian mulai melambung di dunia perfilman. Dalam film Merantau, ia memerankan karakter antagonis bersama Donny Alamsyah. 

Yayan kemudian membintangi film ketiganya berjudul The Raid 2: Berandal sebagai Prakoso, dimana ia kembali disandingkan dengan Iko Uwais. Film Berandal merupakan lanjutan dari film The Raid. Menurut Gareth Evans di film The Raid 2: Berandal, aksinya di film tersebut lebih brutal. Aktingnya di film tersebut menarik perhatian beberapa sutradara dari Amerika dan membuatnya mendapat kesempatan untuk berperan di film Star Wars: The Force Awaken dan John Wick: Chapter 3 – Parabellum. Di film Star Wars: The Force Awaken, ia berperan sebagai Tasu Leech, pemimpin dari organisasi kriminal Kanjiklub Gang yang beroperasi sekitar tiga puluh tahun setelah Pertempuran Endor. Ia beradu akting bersama Iko Uwais sebagai Razoo Qin-Fee dan Cecep Arif Rahman sebagai Crokind Sand.

4. Christine Hakim

christine hakim aktor indonesia main film hollywood eat pray love
Source Instagram

Christine Hakim adalah seorang aktivis, aktor, dan produser legendaris yang dikenal berkat karirnya yang cemerlang di industri perfilman Indonesia. Eksistensi dan konsistensinya di dunia seni peran telah membawanya meraih berbagai penghargaan baik di dalam maupun luar negeri. Salah satu penghargaan internasional yang diraihnya adalah melalui film Tjoet Nja’ Dhien, arahan Eros Djarot tahun 1988, dimana Christine berperan sebagai pemimpin gerilya Aceh bernama Cut Nyak Dhien. Film tersebut memenangkan penghargaan pada Festival Film Cannes 1989 sebagai Best International Film, dan ditayangkan pada Le Semaine de Critique. Film tersebut mewakili Indonesia pada ajang Academy Awards ke 62 untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Christine memperoleh pengalaman pertamanya bermain dalam film Hollywood berjudul Eat Pray Love tahun 2010. Saat itu Christine ditawari peran sebagai Wayan, seorang penjual jamu asal Bali, yang ia bintangi bersama aktor kenamaan Hollywood Julia Roberts. Tokoh Wayan diceritakan merupakan sahabat dari karakter utama, Elizabeth Gilbert, yang diperankan oleh Julia. Demi mendalami perannya, Christine bertemu langsung dengan orang yang karakternya diangkat berdasarkan tokoh di film tersebut.

5. Cecep Arif Rahman

aktor indonesia Cecep Arif Rahman main film Hollywood
Source Twitter @TalkFilmSoc

Cecep Arif Rahman adalah seorang aktor, atlet, dan guru pencak silat Indonesia. Ia merupakan seniman pencak silat dari perguruan Silat Panglipur. Cecep meraih piala juara pertama dari kejuaraan pencak silat internasional di Thailand pada pertengahan 1990-an.  Karirnya di pencak silat membawanya ke festival bela diri Bercy Festival des Arts Martiaux di Perancis sejak tahun 2005 hingga tahun 2008. Lewat festival tersebut, di tahun 2006 Cecep berkenalan dengan Iko Uwais dan Yayan Ruhian. 

Pada tahun 2013 Cecep dihubungi oleh Iko untuk ikut serta dalam film The Raid 2: Berandal karena proses pembuatan film tersebut membutuhkan pemain kerambit. Film itu berhasil melambungkan namanya. Salah satu pencapaian terbesarnya adalah ketika ia bermain di film Hollywood terkenal John Wick: Chapter 3 – Parabellum. Karirnya sebagai aktor “The Assassin” di film tersebut membawanya untuk membintangi film lain seperti 3: Alif Lam Mim dimana ia berperan sebagai tokoh guru silat dan juga penata laga. Pada tahun 2015, Cecep bersama Yayan Ruhian dan Iko Uwais juga ikut berperan dalam seri ketujuh dari serial film Star Wars: The Force Awakens yang turut dibintangi oleh aktor legendaris Hollywood Harrison Ford.

6. Ray Sahetapy

aktor indonesia Ray Sahetapy main film Hollywood
Source Twitter @CEvansINA

Last but not least, aktor Indonesia yang main film Hollywood adalah Ray Sahetapy. Ray Sahetapy adalah seorang aktor senior Indonesia yang telah berkarir di dunia film lebih dari empat dekade. Sebagai bintang film, Ray adalah salah satu aktor paling populer dan disegani di generasinya, sering memerankan karakter pria kompleks dengan nuansa dan pendalaman karakter yang kuat. Ia telah mendapat nominasi untuk Piala Citra Festival Film Indonesia sebanyak tujuh kali, enam diantaranya untuk kategori Aktor Terbaik, dan memegang rekor nominasi terbanyak dalam kategori tersebut namun sekalipun belum pernah meraih kemenangan. Pada tahun 2013, Ray meraih kemenangan dalam Indonesian Movie Actor Awards untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik berkat aktingnya di film The Raid.

Kemampuan akting Ray yang mumpuni membuat sutradara dan produser Hollywood berminat untuk mengajaknya bekerja sama dalam sebuah produksi film superhero terkenal berjudul Captain America: Civil Wars pada tahun 2016. Film yang diperankan oleh aktor utama Chris Evans tersebut mendulang kesuksesan hingga membuatnya masuk ke dalam daftar film terlaris sepanjang masa di seluruh dunia. Walau di film Captain America Ray hanya mendapat peran kecil, namun ia telah membuat bangga Indonesia. Bahkan video aktingnya di film tersebut sempat viral beberapa tahun yang lalu.

Itulah 6 aktor Indonesia yang main film Hollywood. Mereka membuktikan bahwa semangat yang disertai usaha, kerja keras, dan komitmen tinggi akan memberikan hasil yang maksimal. Walaupun porsi peran yang mereka dapatkan tidak banyak, tapi kesempatan itu telah memberikan pengalaman berharga dalam perjalanan karir mereka. Semoga kedepannya akan semakin banyak aktor Indonesia yang melebarkan sayap dengan bermain film Hollywood ya!

Baca juga:

The Boys Season 3 yang Perlu Kamu Tahu Sejauh Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.